Blog Log:

di urutkan berdasarkan hal terbaru (04/11/14) KAMUS RANDOM ditambahkan ke menu NAVIGASI| (24/10/14) CHATROOM sudah dapat diakses| (29/12/14) MENU BARU - LABEL KATEGORI| (29/12/14) CHATROOM ditanbahkan ke menu NAVIGASI| (04/01/16) LABEL KATEGORI diubah menjadi KATEGORI| (04/01/16) pembaruan KATEGORI
Posted by : Unknown 1 November 2015




Yo para pembaca! (~w~)d
Udah lama kan kagak liat update post dari blog ane ini? Maaf karena kemaren kemaren jaringan ane lagi semrawut dan baru normal beberapa hari terakhir tapi masa berlaku paket internet ane keburu abis jadi kagak sempet buka buka blog cuma bisa browsing di sosmed dan Google doank juga main beberapa game online yang kagak makan banyak koneksi ( ̄へ ̄).
Kali ini ane mau bahas tentang Google. Siapa yang kagak kenal sama Google? Situs pencari yang serba tau segala hal ini menjadi situs wajib yang di kunjungi (setidaknya buat ane). Semua hal yang ada di internet bisa dicari dari sini, bahkan banyak hacker dan cracker pun memanfaatkan Google. Tidak heran mereka memanfaatkan situs ini, karena jika anda tau trik trik menggunakannya maka anda bisa mengakses segala hal dan kali ini ane mau share beberapa trik yang ane tau.

Mencari dengan sinonim
Mencari dengan sinonim mungkin akan lebih tepat menuju hal yang kalian cari. Manualnya dengan nyobain satu satu sinonim dari hal yang ingin kalian cari tapi itu akan lebih memakan waktu karena harus mencobanya satu persatu namun ada hal yang lebih mudah di lakukan yaitu dengan menggunakan simbol [~] di depan istilah yang ingin kalian cari. Misalnya anda mencari drama colossal maka tuliskan drama ~colossal agar hasil yang di peroleh akan tidak hanya colossal tapi juga mendapatkan hasil penelusuran yang berkenaan dengan colossal.

Susunan Kata
Penyusunan kata dalam mencari informasi juga sangat penting karena akan mempengaruhi hasil yang akan kita dapatkan, oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita menggunakan susunan kata yang berbeda agar mendapatkan informasi yang lebih beragam.
Kalo kalian menggunakan kata yang berulang, maka hasil yang akan muncul akan sama saja. Lain cerita jika kita menggunakan ekspresi tambahan. Diantaranya:
·         [spasi] yang diartikan sebagai “dan” oleh Google. Contoh: Jika kita ingin mencari dokumen/arsip/informasi mengandung kata Music dan Player maka kita cukup menuliskan [ Music Player ].
·         [ OR ] yang diartikan sebagai “atau” oleh Google. Contoh: Jika kita ingin mencari dokumen/arsip/informasi mengandung kata Music dan Game maka kita cukup menuliskan [ Music OR Game ].
·         Minus [-] diartikan sebagai “bukan” oleh Google. Contok: Jika kita ingin mencari dokumen/arsip/informasi yang mengandung kata ”Music” tapi tidak mengandung kata “Demo” maka kita cukup menuliskan [ Music –Demo ].
·         Jika ingin menggunakan ekspresi yang lebih terperinci lagi maka kita bisa menggunakan tanda kurung [( )]. Contoh: Jika kita ingin mencari dokumen/arsip/informasi yang mengandung kata DVD dan CD atau DVD dan Disc namun tidak ketiganya, maka tulislah [ DVD (CD OR Disc) ].
·         Satu lagi ekspresi yang perlu anda ketahui bahwa dalam Google, asterik [*] akan diartikan sebagai satu kata, bukan karakter. Misalnya jika kita menuliskan [ dalam * ] maka Google akan menganggapnya sebagai [ dalam rumah ], [ dalam buku ], [ dalam sumur ], and something like that pokonye. (tadinya mau bikin artikel serius tapi entah kenapa jari dan pikiran ane ga bisa serius).
·         Jika kita ingin mencari sesuatu dengan kalimat utuh maka kita bisa menggunakan tanda petik [“]. Contohnya: Jika kita ingin mencari Film Will Smith tanpa harus kata-kata random yang biasanya iseng disisipkan oleh Google maka kita cukup dengan menuliskan [ “Film Will Smith” ].
Ada beberapa kata yang tidak akan di anggap oleh Google dan tidak akan berpengaruh jika kita tambahkan dalam kolom pencarian (kecuali jika didalam tanda petik tentunya). Diantaranya adalah “the”, “i”, “you”, “and”, “a”, “of”, dan sebagainya. Jika kita ingin kata-kata tersebut tetap di hitung maka kita bisa menambahkan tanda tambah :yo dawg: [+] di depan kata tersebut. Contohnya: [ +the ],[  +of ], dan sebagainya.
Oh iya, ada hal lain yang juga perlu diketahui. Penggunaan huruf besar dan kecil tidak akan berpengaruh pada hasil pencarian (kecuali di dalam tanda petik). Misalnya begini, hasil pencarian [ MKV player ] akan sama dengan pencarian [ mkv player ].
Dan satu hal lagi, panjang maksimal kalimat yang bisa di pakai di Google tidak bisa lebih dari 10 kata (dulu, gak tau deh kalo sekarang karena jarang nge-search pake banyak kata), termasuk sintak-sintak tambahan.

 Sintak
Salah satu alternatif dalam mencari sesuatu di Google adalah dengan menggunakan sintak. Sintak dapat digunakan lebih dari satu tapi tidak semua sintak bisa di gabungkan. Ada aturan dalam menggunakan sintak. Berikut ini adalah macam macam sintak yang dapat digunakan di Google:
·         [ intitle: ] untuk membatasi hanya pada judul/nama web saja. Contoh: [ intitle: “blog random” ].
·         [ allintitle: ] untuk membatasi hanya pada judul/nama web saja dengan variasi ekspresi pencarian lebih dari satu. Contoh: [ allintitle: “blog random” ].
·         [ inurl: ] untuk membatasi  hanya pada alamat web saja. Contoh: [ inurl: blogger ].
·         [ allinurl: ] untuk membatasi hanya pada alamat web saja dengan variasi ekspresi lebih dari satu. Contoh: [ allinurl: blogger ].
·         [ intext: ] untuk membatasi hanya pada bagian dalam dokumen saja. Contoh: [ intext: blog ].
·         [ allintext: ] untuk membatasi hanya pada bagian dalam dokumen saja dengan variasi ekspresi pencarian lebih  dari satu. Contoh: [ allintext: trik blog ].
·         [ site: ] untuk membatasi hanya pada salah satu domain saja. Contoh: [ site: blogger.com ].
·         [ link: ] membatasi hanay pada halaman web yang memiliki link yang dicari. Contoh: [ link: www.google.co.id ].
·         [ cache: ] untuk mendapatkan halaman web yang telah di-index Google, meskipun halaman web tersebut telah berubah. Sintak ini akan memungkinkan kalian untuk mengakses cache Google. Contoh: [ cache: “ronstaldo blog” ].
·         [ filetype: ] untuk membatasi tipe file yang akan dicari. Contoh [ anime filetype: mkv ].
·         [ related: ] untuk mencari data yang saling berhubungan. Contoh: [ anime bd related: nyaa.se ].
·         [ phonebook: ] untuk mencari keterangan yang tersedia dalam buku telepon atau alamat. Contoh: [ phonebook: sanda siel ronstaldo ].
Diatas udah dijelaskan antara satu sintak dengan yang lain bisa saling digabungkan. Namun satu yang harus diingat bahwa ada juga sintak yang tidak dapat digabungkan, diantaranya sintak yang berawalan “all”. Selain itu ada juga sintak yang tidak dapat digabungkan, diantaranya [ intitle: ] dengan [ site: ], [ intitle: ] dengan [ inurl: ], [ site: ] dengan [ filetype: ], dan sintak sintak yang berlawanan lainnya.
Sedikit tips untuk kalian yang suka melakuan penelitian dalam mencari arsip-arsip lama. Misalnya jika kalian ingin mencari informasi mengenai pemilu 2010 pada salah satu media online di internet. Ketik saja [ “tsunami aceh” site: kompas.com ], maka Google akan memberikan hasil yang berkaitan tentang  tsunami aceh yang ada di dalam arsip Kompas.com.

 Mencari penjelasan/pengertian
Jika kalian ingin mengetahui penjelasan atau pengertian tentang sesuatu, maka tulislah query (kata pencarian) kalian dengan lengkap. Misalnya kika kalian ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan MKV, maka janganlah hanya mengetikan [ MKV ] saja. Karena hasil yang akan muncul akan sangat banyak dan sangat random. Cobalah dengan mengetikan [ What is MKV ], maka hasil yang di dapat akan tebih terfokus  dan terperinci.

Berhitung dengan Google
Tau kah kalian bahwa Google bukan hanya pintar mencari orang hilang tapi juga pintar dalam menghitung. Kalo kamu memasukan perhitungan [ 365+12*8 ] dan menekan tombol search maka yang akan didapat adalah jumlah dari perhitungan tersebut yaitu 461.
Gak cuma perhitungan sederhana tapi juga perhitungan yang rumit bisa dihitung oleh Google. Masukan [ sqr ] untuk menghitung akar kuadrat bilangan juga bisa di hitung olehnya. Misalnya [ sqr625 ] maka hasilnya adalah 25. Juga perhitungan perhitungan rumit [ yang ane sering salah hitung ] lainnya, seperti sin, cos, tan; dan fungsi logaritma seperti ln, dan log. Daftar rinciannya bisa di liat di www.Google.com/help/calculator.html.
Tidak cuma hitung-hitungan tapi Google juga bisa menjadi alat konversi sederhana seperti dari Km menjadi Mile (mil), inch (inci) menjadi Cm, Pound (Pon) menjadi Kg, dll. Misalnya kita mencari [ 25 kilometer in meter ] maka Google akan menghitungnya untuk kalian (~w~)d. Tapi perlu kalian ingat, Google akan menghitungnya untuk kalian jika kalian memasukan formatnya dengan standar internasional dalam berbahasa inggris jadi jika kalian memasukannya dengan bahasa sansekerta maka Google-nya kagak akan menggubris permintaan kalian :v.
Oh iya dan sedikit info menarik, ternyata para programmer Google menyisipkan beberapa Easter Egg kedalam Google. Coba saja masukan [ a cup in teaspoons ].


Well, sekian tips dan trik menggunakan google dari ane semoga bermanfaat ~w~d

Salam Random









-ople-

Top 5 Artikel

Tag

Cerita (4) Cerpen (4) Deck Receipe (2) Fun Deck (1) Info (11) Mistis (2) Random (4) Repost (6) Review (2) Ronstalogic (1) Test (1) Tips (8) Tools (3) Yu-Gi-Oh (2)

- Copyright © Ronstaldo's Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -